Obesitas pada atlet

Nah, hal inilah yang menyebabkan Anda mengalami kenaikan berat badan yang pada akhirnya memicu obesitas. Sebagaimana atletik adalah olahraga kesehatan, maka tentu saja semua unsur yang ada didalam atletik itu dapat dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan kesehatan seperti jogging, jalan cepat dan lainnya.

Protein yang dikandung oleh sel tidak selalu tetap jumlahnya. Award Cegah Obesitas pada Anak Anak gemuk, gempal, ginuk-ginuk pasti semua orang senang lihatnya. Pada olahraga berat, sumber energi utama adalah glikogen otot yang mempunyai peran pada menit-menit awal saat melakukan sprint dan selama berolahraga dengan intensitas tinggi.

Beberapa faktor yang berpengaruh terhadap terjadinya kelelahan otot yaitu penurunan glikogen otot dan berkurangnya aliran darah ke otot. Kerusakan akibat radikal bebas terjadi terdapat gangguan keseimbangan antara radikal bebas yang terbentuk dengan antioksidan yang ada.

Journal of the International Society of Sports Biomed central. Obesitas terjadi apabila leptin tidak tersedia di otak atau rusak. Karena, makanan akan lebih lama dicerna.

MAKALAH ILMU GIZI PENGATURAN MAKANAN PADA ATLET

Salah satu faktor yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah kecukupan gizi atlet sepak bola beserta pola makannya. Makanan merupakan sumber dari asupan nenergi. Atlet yang melakukan obesitas pada atlet lama dan berat akan menggunakan protein sebagai sumber energi dan berarti akan menekan sintesis protein.

Pengosongan lambung air dengan suhu dingin 5oC akan lebih cepat meninggalkan lambung 2. Risiko ini berlaku untuk orang dewasa dan anak-anak. Next ceritanya di blog ya: Bila perlu makanan kecil, cari snack rendah kalori seperti buah, atau roti gandum.

Pada saat tubuh menggunakan protein sebagai sumber energi, akan ditemukan ekskresi nitrogen yang meningkat bersama keringat, dan keadaan ini ditemukan bila seseorang berolahraga hingga tingkat saat cadangan glikogen habis. Langkah 6 Apabila atlet tersebut masih dalam usia pertumbuhan, maka tambahkan kebutuhan energi sesuai dengan tabel 5 dr.

Pembahasan Menurut Maskur Ahmad Namun protein juga mengandung zat lain yaitu nitrogen, sulfur, fosfor dan besi. Berperan sebagai regulator pada metabolisme seluler dan sebagai bagian dari enzim dan hormon yang mengendalikan berbagai aktivitas seluler.

Larutan kental pengosongan lambung akan lebih lambat bila cairan yang diminum mengandung elektrolit atau glukosa 2. Polimorfisme dalam variasi gen mengontrol nafsu makan dan metabolisme menjadi predisposisi obesitas ketika adanya kalorui yang cukup.

Lemak di bawah kulit berfungsi untuk melindungi tubuh dari dingin berlebihan, dan lemak yang berlebihan akan bersifat sebagai pengatur suhu tubuh, terutama pada olahraga yang lama, ketika produksi panas tubuh meningkat hingga 20 kali di atas suhu normal.

Bagaimana dengan atlet? Sumber energi Fungsi utama karbohidrat di dalam tubuh adalah sebagai sumber energi. Minum sebaiknya dilakukan secara teratur setiap 10 — 15 menit sebanyak — cc air dingin 10o C. Larutan kental pengosongan lambung akan lebih lambat bila cairan yang diminum mengandung elektrolit atau glukosa 2.

Kerusakan akibat radikal bebas terjadi terdapat gangguan keseimbangan antara radikal bebas yang terbentuk dengan antioksidan yang ada. Hormon tiroid sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tubuh.

Untuk mengurangi efek samping ini maka dilakukan modifikasi karbohidrat loading yang asli dengan menghilangkan fase diet rendah karbohidrat.

Apa itu obesitas (kegemukan)?

Namun konsumsi protein dalam jumlah besar tidak berarti akan langsung membesarkan otot, bahkan hal ini berbahaya sebab kelebihan nutrien ini akan diubah menjadi lemak tubuh. Jalan Cepat Jalan Cepat race walking adalah olahraga berjalan secepat mungkin, dengan masih menjaga atauran dasar berjalan.

Selain itu protein dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi. Glukosa adalah salah satu karbohidrat sederhana yang dapat digunakan secara langsung sebagai sumber energi oleh sel-sel tubuh, namun bila jumlahnya berlebihan maka dapat dikonversi menjadi cadangan glikogen di hati dan di otot, dan bila masih berlebihan akan disimpan dalam bentuk lemak di jaringan adiposa.

Tanda-tanda dan keluhan yang terjadi antara lain obesitas di bagian atas tubuh, wajah membulat, kulit terluka dengan mudah, lemah tulang, mentruasi tidak teratur pada wanita, dan infertilitas pada pria.

Gunakan Langkah 4 Kalikan faktor aktifitas fisik dengan BMR yang telah ditambah SDA Langkah 5 Tentukan penggunaan energi sesuai dengan latihan atau pertandingan olahraga dengan menggunakan tabel 4.

Agar kinerja atlet tetap optimal pada saat bertandin, dapat dilakukan berbagai cara antara lain pemijatan, tidur dan dari aspek nutrisi perlu dilakukan: Apabila dalam darah terdapat sedikit hormone tiroid tersebut, maka kadar TSH akan meningkat untuk merangsang kelenjar tiroid mensekresi hormone tiroid.

Bagaimana dengan atlet? Padahal itu adalah jalan yang salah, karena malah akan membuat anak bertambah derajat obesitasnya. Obesitas dalah suatu keadaan dimana terjadi penumpukan lemak tubuh yang berlebihan, sehingga berat badan seseorang jauh di atas normal.

Selama peristiwa sleep apnea, saluran pernafasan atas terhalang, menghambat atau menghentikan pernafasan dan menyebabkan kadar oksigen dalam darah berkurang dan meningkatkan tekanan darah. Aktivitas Atletik yang Meningkatkan Kesehatan 2.We use cookies to make interactions with our website easy and meaningful, to better understand the use of our services, and to tailor advertising.

Pasalnya, apa yang Anda konsumsi juga memiliki efek besar pada gen yang dapat memicu obesitas. Ya, jika Anda memiliki gen obesitas dan Anda memiliki kebiasaan hidup yang tidak sehat, maka hal tersebut justru akan meningkatkan risiko Anda berkali-kali lipat untuk mengalami obesitas.

Kekurangan besi pada atlet dapat disebabkan oleh ekspansi volumeplasma yang besar akibat latihan berat, kehilangan melalui keringat dan destruksi sel darah merah pada olahraga berat. Air Fungsi air bagi tubuh sangat jelas dan penting, sehingga bila terjadi kekurangan cairan pada tubuh seseorang terutama bagi atlet maka akan mengganggu penampilan atlet tersebut.

Air diperoleh dari cairan. Operasi pada penderita obesitas hanya direkomendasikan pada mereka yang gagal menjalankan diet, olahraga, dan konsumsi obat-obatan. Operasi ini dilakukan dengan melakukan pemotongan sebagian usus si gemuk, atau operasi bariatik dengan memasang klem pada lambung.

Beberapa rumah sakit juga dapat melakukan penyedotan lemak perut atau liposuction. Adapula yang melakukan mesoterapi. Banyak penyebab obesitas pada anak, seperti kurang aktifitas fisik, pola makan salah dengan porsi besar berlebih dan bisa juga karena genetik. Hal ini disampaikan oleh dr.

Lucie Permana Sari, SpA yang ternyata obesitas ini makin meningkat dari tahun ke tahun. Obesitas disebabkan oleh keseimbangan energi positif dengan penyebab yang bersifat multifaktorial. Sebagian besar obesitas diduga disebabkan oleh interaksi antara faktor genetik dan faktor lingkungan.

Oleh karena itu penatalaksanaan obesitas pada anak dengan cara pengaturan diet, peningkatan aktifitas fisik dan modifikasi pola hidup sebaiknya dilaksanakan secara multidisiplin dengan mengikut sertakan Author: Amir Mukhlis.

Obesitas pada atlet
Rated 5/5 based on 30 review