Manfaat lompat jauh

Sehingga saat atlet sudah dekat dengan tumpuan, maka pengendalian tersebut adalah dengan melakukan kendali dari kecepatan gerakan horisontal menuju kecepatan gerakan vertikal dengan menggunakan langkah terakhir yang lebih pendek.

Walaupun jarang terdengar olahraga lompat jauh ini sebagai olahraga yang sering dilakukan oleh masyarakat umum, tetapi cabang olahraga atletik satu ini sangat sering terdengar di olimpiade internasional yang diadakan di dunia dengan di ketuai tuan rumah yang biasanya setiap dua tahun diselenggarakan, maupun event-event yang biasa berlangsung, dan juga untuk di Indonesia sendiri, pernah diadakan grand prix asia dimana juga memperlombakan lompat jauh dalam cabang olahraga atletik tersebut.

Atlet pada umumnya memulai lari dengan berfokus pada kecepatan, di mana semakin tinggi kecepatan, maka akan semakin jauh jarak lompatan yang diperoleh.

Lalu saat pendaratan maka akan diawali dengan digunakannya tumit kaki yang sedikit ditekuk untuk awalan pendaratan.

Umumnya, dalam kompetisi lompat jauh, gaya jongkok ini akan sering dipakai dengan menggunakan teknik awalan yang menggunakan gerakan manfaat lompat jauh. Atau atlet dapat melakukan awalan lari sejauh 10 meter, dilanjutkan dengan tolakan kuat, melayang dengan rileks dan mendarat di bak pasir dengan kaki dan tangan di arah depan.

Latihan ini juga dapat dilakukan dengan berdiri di pinggir bak pasir mengunakan 2 kaki lalu melompat ke arah bak pasir sembari mencondongkan badan ke depan.

Dalam keadaan bertumpu, tangan sebaiknya ikut diayunkan.

3 Jenis Gaya dalam Lompat Jauh

Sebelum tumit atlit lompat jauh benar-benat menyentuh medium pendaratan, ia harus benar-benar meluruskan kakinya ke depan. Apabila terlalu lebar jaraknya akan mengurangi jarak jauhnya lompatan yang dicapai.

LOMPAT JAUH : Pengertian, Sejarah, Lapangan & Teknik Dasar Lompat Jauh

Saat melayang di udara Untuk manfaat ketiga yang dapat kita ambil adalah pada saat kita melayang di udara, tentu saja dalam hal ini perlu kekuatan yang lebih untuk mempertahankan diri kita agar bisa lebih lama melayang dan mencapai target yang maksimum sesuai dengan kemampuan yang telah kita punyai disertai dengan teknik yang mumpuni.

Tolakan merupakan gerbang menuju poisis tubuh atlit pada saat ia melayang menuju titik terjauh lompatannya.

Ayunan tangan Seperti halnya ayunan kaki, gerakan tangan juga berpengaruh pada jarak lompatan. Teknik ini digunakan agar pelompat dapat berusaha melayang selama mungkin di udara dalam keadaan yang seimbang. Pilih kebiasaan yang menghasilkan jarak lompatan maksimal.

Gerakan lari ini dilakukan semaksimal mungkin untuk mendapatkan tolakan terbaik. Pergerakan lengan sangat berpengaruh dalam membantu keseimbangan dan penambahan tinggi tolakan. Gerakan koordinasi ayunan lengan dan kaki yang harus selaras.

Ketidakkonsistenan dalam mengambil awalan dapat menimbulkan beberapa masalah, terlebih ketidaksiapan kaki dalam melakukan tumpuan nantinya. Macam-macam Gerakan untuk Kelenturan Tubuh — Jenis-jenis Senam Populer Beserta Penjelasannya — Macam-macam Olahraga di Rumah untuk Wanita Setelah mengetahui 3 macam gaya pada lompat jauh tersebut, maka secara garis besar terdapat beberapa teknik dasar dalam lompat jauh yang harus diperhatikan.

Lompat jauh sendiri jarang sekali menjadi permainan yang dimainkan oleh masyarakat biasanya ketimbang dengan permainan sepak bola, voli, basket, tenis maupun yang lainnya. Sehingga tidak mengherankan jika para atlet lompat jauh bersaing dalam kecepatan lari jarak pendek ini.

Pada saat melakukan awalan, seorang atlit harus memperhatikan beberapa hal antara lain: Anda dapat membandingkan, lebih jauh mana, antara melompat dengan awalan, atau melompat langsung tanpa menggunakan awalan terlebih dahulu.

Itulah kira-kira beberapa teknik penting yang harus bisa dipelajari dan juga dipahami oleh para atlet lompat jauh. Untuk mendapatkan tolakan yang sempurna, seorang atlit harus memperhatikan hal-hal berikut ini: Gaya Jongkok Ortodok Pada lompat jauh gaya jongkok atau yang disebut juga gaya ortodok, tujuan utama dari gaya ini adalah lari secepatnya dari jarak 40 sampai 45 m dilintasan.

Saat melakukan pendaratan salah satu kaki mendahului atau tidak sejajar. Dan saat melakukan pendaratan, lutut harus ditekuk dengan rileks.Lompat Jauh – Pengertian Lompat jauh adalah jenis olahraga atletik yang membutuhkan kecepatan, ketangkasan dan kekuatan seorang atlet untuk melompat sejauh mungkin dari titik lepas landas atau garis lompat kemudian melayang di udara dan mendarat sejauh-jauhnya dalam bak justgohostelbraga.com: [email protected] Manfaat Makalah ini diharapkan dapat berguna: 1.

Sebagai masukan bagi guru-guru penjaskes dan pembina maupun pelatih olahraga dalam upaya memberikan latihan fisik khususnya untuk meningkatkan kemampuan power dalam lompat jauh 2. Sebagai langkah awal bagi pengembangan dan peningkatan proses belajar untuk meningkatkan kemampuan lompat jauh.

3. Sebagai bahan referensi pada. Manfaat awalan pada lompat jauh adalah untuk mencapai kecepatan maksimum, dari seorang atlet ketika akan melakukan tolakan. Dengan adanya kecepatan maksimum yang dapat dicapai oleh atlet dalam awalan, maka kekuata dalam menolak pun akan menjadi lebih besar.

Hal ini berpengaruh pada hasil dari lompat jauh. Lompat jauh sendiri jarang sekali menjadi permainan yang dimainkan oleh masyarakat biasanya ketimbang dengan permainan sepak bola, voli, basket, tenis maupun yang lainnya. Dikarenakan tentu saja terkendala pada lapangan yang harus disediakan untuk melakukan olahraga ini, juga olahraga ini merupakan cabang olahraga atletik yang biasanya hanya diperlombakan dan untuk sekolah hanya .

Manfaat lompat jauh
Rated 5/5 based on 54 review